TRIBUNNEWS.COM, — Dibandingkan dengan
laki-laki, perempuan memiliki tantangan lebih besar dalam menjalankan
karier atau bisnisnya. Maka wajar saja, perempuan kerap kali membutuhkan
dukungan semangat dari sesamanya. Tak heran jika perempuan cenderung
lebih banyak berbagi satu sama lain demi menyuntikkan semangat untuk
menghadapi berbagai tantangan dalam pekerjaannya.
Anda mau tahu kebiasaan apa saja yang dapat membantu wanita meraih kesuksesan? Simak tips berikut ini:
1. Selalu percaya diri, tetapi tetap rendah hati
Perempuan memiliki kepercayaan diri yang tak kalah dengan laki-laki. Namun, kecenderungannya laki-laki sering kali terlalu percaya diri. Sedangkan perempuan cenderung menyeimbangkan kepercayaan dirinya dengan kerendahan hati.
Perempuan memiliki kepercayaan diri yang tak kalah dengan laki-laki. Namun, kecenderungannya laki-laki sering kali terlalu percaya diri. Sedangkan perempuan cenderung menyeimbangkan kepercayaan dirinya dengan kerendahan hati.
Kimberly Roussel, entrepreneur sukses di Los Angeles, pemilik
restoran 24 jam, klub di Hollywood, dan perusahaan katering berbagi
kiatnya. Roussel meyakini, kepercayaan diri yang ditanamkan orangtuanya
sejak kecil membuatnya lebih berani mengambil risiko dan mampu mengatasi
rasa takut. Begitu rasa takut dan kekhawatiran mengenai berbagai hal
teratasi, atau bahkan hilang, dunia lebih terbuka dengan Anda melalui
berbagai cara yang tak pernah disangka, katanya.
2. Memonitor emosi
Emosi bisa menjadi sumber masalah di tempat kerja. Apalagi jika Anda tak mampu mengendalikan dan memonitor emosi. Boleh juga belajar dari pria mengenai sikapnya yang cenderung tak menanggapi suatu masalah secara personal. Karena dengan cara itu, Anda takkan terlibat dalam masalah emosi di tempat kerja.
Emosi bisa menjadi sumber masalah di tempat kerja. Apalagi jika Anda tak mampu mengendalikan dan memonitor emosi. Boleh juga belajar dari pria mengenai sikapnya yang cenderung tak menanggapi suatu masalah secara personal. Karena dengan cara itu, Anda takkan terlibat dalam masalah emosi di tempat kerja.
Johnson Mandell, penulis buku best seller "Career Comeback"
menyarankan jika emosi mulai menguasai diri di tempat kerja sebaiknya
beri waktu untuk diri sendiri.
"Pergi saja ke toilet, tenangkan diri sendiri," jelas Mandell. Namun,
jika hal ini terlalu sering dilakukan, artinya Anda selalu mengalami
masalah emosi di kantor. Kalau sudah seperti itu, ada baiknya evaluasi
kembali situasi kerja di kantor Anda. Boleh jadi bukan suasana hati Anda
yang bermasalah, melainkan memang situasi kantor yang tak kondusif.
3. Terstruktur dan terorganisasi
Untuk mencapai target pekerjaan yang diharapkan, bahkan oleh diri Anda sendiri, Anda harus mengatur strategi. Lakukan semua pekerjaan dengan terstruktur dan terorganisasi dengan baik. Buat daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan setiap harinya, dan fokus untuk menuntaskannya dengan baik.
Untuk mencapai target pekerjaan yang diharapkan, bahkan oleh diri Anda sendiri, Anda harus mengatur strategi. Lakukan semua pekerjaan dengan terstruktur dan terorganisasi dengan baik. Buat daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan setiap harinya, dan fokus untuk menuntaskannya dengan baik.
Samira Asemanfar, pendiri salon di Los Angeles, mengatakan, bekerja
memerlukan persiapan. Dan, persiapan tersebut sudah dilakukan Asemanfar
setiap sore.
"Saya selalu mengevaluasi diri setiap sore, apa yang sudah saya
lakukan hari ini. Apa yang harus saya selesaikan besok, dan apa saja
urutan pekerjaannya," tuturnya.
4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Perempuan secara alami memiliki kemampuan komunikasi. Bahkan, sosok perempuan introvert sekalipun mampu berkomunikasi. Meski begitu, kemampuan komunikasi pada perempuan tetap perlu ditingkatkan.
Perempuan secara alami memiliki kemampuan komunikasi. Bahkan, sosok perempuan introvert sekalipun mampu berkomunikasi. Meski begitu, kemampuan komunikasi pada perempuan tetap perlu ditingkatkan.
Kunci suksesnya bukan pada kemampuan berbicara, melainkan lebih
kepada kehati-hatian dalam berbicara atau berkomunikasi. Agar sukses
dalam pekerjaan, perhatikan hal detail, termasuk dalam berkomunikasi.
Hindari salah bicara, atau salah menuliskan hal kecil yang berdampak
terhadap pencitraan Anda.
Maseena Ziegler, penulis buku best seller di Hongkong berjudul
"Ladies Who Launch in Hong Kong" mengatakan, tanamkan dalam diri bahwa
Anda adalah perempuan cerdas, memiliki tutur bahasa yang baik, dan
berkualitas. Sikap positif ini akan membantu Anda untuk menghindari
berbagai kesalahan kecil dalam komunikasi, yang bisa merusak citra Anda.
Karena jika terlalu sering berbuat kesalahan dalam ucapan atau saat
berbicara, menunjukkan karakter yang tak teliti dan tidak mempedulikan
sesuatu secara mendetail.
sumber : http://id.she.yahoo.com/mau-lebih-sukses-ikuti-4-kebiasaan-ini-142134495.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar